Apa itu Gravel Beton Precast dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
Precast

Apa itu Gravel Beton Precast dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Gravel Beton Precast: Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Gravel beton precast adalah salah satu jenis produk beton yang dibuat dengan cara dicetak terlebih dahulu di pabrik, kemudian dipasang di lokasi proyek. Gravel beton precast berbentuk pipa setengah lingkaran atau setengah dari ukuran buis beton. Gravel beton precast digunakan untuk drainase terbuka, yaitu saluran air yang tidak tertutup oleh tanah atau aspal.

Gravel beton precast memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan jenis saluran drainase lainnya, seperti:

– Mempercepat pengerjaan proyek dan lebih praktis. Gravel beton precast sudah siap pakai dan tidak perlu dicor di lokasi. Cukup dipasang sesuai dengan ukuran dan kemiringan yang diinginkan. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga kerja.
– Proyek lebih rapih. Gravel beton precast memiliki permukaan yang halus dan rata, sehingga memberikan tampilan yang estetis dan bersih. Selain itu, gravel beton precast juga mudah disesuaikan dengan bentuk dan lebar saluran drainase yang dibutuhkan.
– Sistem drainase mudah dibersihkan. Gravel beton precast memiliki celah antara pipa yang cukup lebar untuk memungkinkan air mengalir dengan lancar. Jika terjadi penyumbatan atau kotoran, gravel beton precast dapat dibongkar dan dibersihkan dengan mudah.
– Mudah mendapatkannya. Gravel beton precast tersedia dalam berbagai ukuran dan diameter, mulai dari 30 cm hingga 120 cm. Anda dapat memesan gravel beton precast sesuai dengan kebutuhan proyek Anda dari produsen atau distributor terpercaya.
– Menghemat biaya proyek. Gravel beton precast memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis saluran drainase lainnya, seperti cor beton atau gorong-gorong. Selain itu, gravel beton precast juga lebih awet dan tahan lama, sehingga tidak perlu sering diganti atau diperbaiki.

Cara Menggunakan Gravel Beton Precast

Untuk menggunakan gravel beton precast, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti:

– Mengukur luas dan kedalaman saluran drainase yang akan dibuat. Pastikan Anda memiliki rencana desain dan gambar kerja yang jelas dan akurat.
– Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti cangkul, sekop, meteran, tali rapia, pasir, semen, air, dll.
– Memesan gravel beton precast sesuai dengan ukuran dan jumlah yang dibutuhkan dari produsen atau distributor terpercaya. Pastikan Anda memeriksa kualitas dan kondisi gravel beton precast sebelum menerima barang.
– Menggali tanah sesuai dengan kedalaman saluran drainase yang diinginkan. Pastikan tanah dasar saluran drainase rata dan padat.
– Menyebarkan pasir tipis di dasar saluran drainase sebagai alas gravel beton precast. Pasir berfungsi untuk meratakan permukaan dan menyerap kelembaban.
– Memasang gravel beton precast di atas pasir dengan cara menyusun pipa setengah lingkaran secara berdempetan. Pastikan gravel beton precast memiliki kemiringan yang sesuai dengan arah aliran air.
– Mengisi celah antara gravel beton precast dengan campuran semen dan air. Campuran semen berfungsi untuk mengikat gravel beton precast agar tidak bergeser atau terangkat oleh air.
– Menunggu hingga campuran semen mengeras dan kering. Setelah itu, Anda dapat menutupi bagian atas gravel beton precast dengan tanah atau aspal sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah penjelasan tentang gravel beton precast, apa itu dan bagaimana cara menggunakannya.

 

Hubungi kami : 0813-1711-6767 / 0812-5000-3470

CV. Dava aliet Mix
Pembayaran ke rekening perusahaan, Aman & Terjamin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *