besi h beam

Besi H beam adalah salah satu jenis profil baja struktural yang digunakan untuk konstruksi bangunan, jembatan, dan struktur lainnya. H beam memiliki bentuk yang mirip dengan huruf H, dengan dua balok horizontal (flange) dan satu balok vertikal (web) di tengahnya.

Flange memiliki ketebalan yang sama dan melebar ke samping, sedangkan web memiliki ketebalan yang lebih tipis dan menjorok ke dalam. Kombinasi dari flange dan web memberikan kekuatan dan kekakuan pada H beam sehingga dapat menahan beban yang besar.

Besi H beam tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan, tergantung pada kebutuhan konstruksi. Untuk memilih besi H beam yang tepat, harus diperhitungkan beban yang akan ditanggung dan panjang yang diperlukan.

Kelebihan dari besi H beam adalah dapat menahan beban yang besar dan mudah dipasang. Kekuatan dan kekakuan H beam memungkinkan untuk digunakan dalam bangunan bertingkat dan struktur besar lainnya.

Namun, besi H beam juga memiliki beberapa kelemahan, seperti beratnya yang cukup berat dan biayanya yang relatif mahal. Karena itu, besi H beam biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan dan struktur besar yang membutuhkan kekuatan ekstra dan tidak digunakan dalam skala kecil.

Dalam pemilihan besi H beam, penting untuk memperhatikan standar kualitas dan sertifikasi yang dimiliki. Hal ini akan memastikan keselamatan dan kualitas konstruksi yang baik.

Besi H beam memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan besi profil lainnya, seperti:

– Memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi terhadap beban tekan dan tarik.
– Memiliki berat yang ringan sehingga mudah untuk dipasang dan diangkut.
– Memiliki dimensi yang standar dan presisi sehingga memudahkan dalam perencanaan dan perhitungan.
– Memiliki sifat yang fleksibel dan dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Besi H beam tersedia dalam berbagai ukuran dan spesifikasi, sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Beberapa standar yang umum digunakan adalah:

– SNI 07-2052-2002: Standar Nasional Indonesia untuk besi profil baja canai panas bentuk H (Hot rolled steel H sections).
– JIS G 3192: Standar Jepang untuk dimensi, bentuk, bobot, dan toleransi besi profil baja canai panas bentuk H (Hot rolled steel sections – H sections).
– ASTM A36/A36M: Standar Amerika untuk spesifikasi baja karbon struktural umum (Standard specification for carbon structural steel).
– EN 10025: Standar Eropa untuk spesifikasi produk baja konstruksi non paduan (Hot rolled products of structural steels).

Untuk mengetahui lebih detail tentang besi H beam, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis, ukuran, berat, harga, dan aplikasinya.