jasa injeksi beton

Harga jasa injeksi beton per titik

Injeksi beton adalah salah satu metode perbaikan struktur beton yang mengalami kerusakan atau kebocoran. Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan material tertentu ke dalam retakan atau rongga beton dengan menggunakan alat khusus yang disebut injektor. Tujuan dari injeksi beton adalah untuk mengisi celah kosong, menguatkan struktur, dan mencegah masuknya air atau zat lain yang dapat merusak beton.

Ada beberapa jenis material yang dapat digunakan untuk injeksi beton, antara lain:

– Semen. Material ini cocok untuk memperbaiki kerusakan beton yang disebabkan oleh keropos, retak besar, atau sambungan beton yang tidak rapat. Semen memiliki sifat yang sejenis dengan beton, sehingga dapat menggantikan dan menyatu dengan bagian beton yang rusak. Kelemahan dari material ini adalah proses pekerjaannya yang membutuhkan waktu lama dan menimbulkan banyak sampah sisa beton.
– Poliuretan (PU). Material ini cocok untuk memperbaiki kerusakan beton yang disebabkan oleh retak kecil, penyusutan, atau pergeseran struktur. PU memiliki sifat yang elastis, tahan air, dan dapat mengembang hingga 20 kali volume aslinya. Kelebihan dari material ini adalah proses pekerjaannya yang cepat dan tidak menimbulkan sampah sisa beton.
– Campuran semen dan bahan kimia tambahan (cement admixture). Material ini cocok untuk memperbaiki kerusakan beton yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti retak, keropos, bocor, atau korosi. Bahan kimia tambahan berfungsi untuk mengatur waktu pengerasan, mengurangi jumlah air, meningkatkan kekuatan, dan memberikan sifat-sifat khusus lainnya pada material injeksi.

Proses injeksi beton meliputi beberapa langkah, yaitu:

– Menentukan lokasi dan penyebab kerusakan beton. Langkah ini penting untuk menentukan jenis material dan metode injeksi yang sesuai dengan kondisi beton.
– Menyiapkan alat dan bahan injeksi. Alat yang dibutuhkan antara lain injektor, selang, pompa tekanan, bor, palu, paku, nepel, dll. Bahan yang dibutuhkan tergantung pada jenis material injeksi yang dipilih.
– Membuat lubang injeksi pada beton. Lubang injeksi dibuat dengan menggunakan bor pada bagian beton yang retak atau bocor. Jarak antara lubang injeksi disesuaikan dengan lebar retakan atau rongga beton. Lubang injeksi harus bersih dari debu atau kotoran.
– Memasang nepel pada lubang injeksi. Nepel adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan selang injektor dengan lubang injeksi. Nepel dipasang dengan cara dipaku pada lubang injeksi.
– Menyuntikkan material injeksi ke dalam lubang injeksi. Material injeksi dimasukkan ke dalam tangki injektor dan dipompa dengan tekanan tertentu ke dalam selang injektor. Selang injektor kemudian dihubungkan dengan nepel pada lubang injeksi. Material injeksi akan mengalir ke dalam retakan atau rongga beton melalui nepel.
– Membersihkan area kerja setelah selesai melakukan injeksi. Setelah material injeksi mengeras, nepel dan paku dapat dilepas dari lubang injeksi. Lubang injeksi dapat ditutup dengan semen atau bahan lainnya sesuai dengan permukaan beton.

Untuk konsultasi dan Pemesanan jasa injeksi beton bisa menghubungi kami di website ini.