Readymix mutu beton k 200
Mutu, ReadyMix

ReadyMix Mutu Beton K- 200

 

Readymix mutu beton k 200

Readymix adalah beton yang diproduksi di batching plant dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan dikirim ke lokasi proyek dengan menggunakan truk mixer. Readymix memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan beton konvensional, seperti kualitas yang lebih terjamin, waktu pengerjaan yang lebih cepat, dan biaya yang lebih efisien.

Salah satu faktor yang menentukan kualitas readymix adalah mutu beton. Mutu beton adalah kemampuan beton untuk menahan beban atau tekanan tanpa mengalami kerusakan atau retak. Mutu beton ditentukan oleh komposisi bahan-bahan penyusunnya, seperti semen, agregat, air, dan bahan tambah.

Mutu beton readymix biasanya dinyatakan dengan simbol k (kilogram per sentimeter persegi) yang menunjukkan kuat tekan beton pada usia 28 hari. Semakin besar nilai k, semakin tinggi mutu beton. Misalnya, beton k 200 memiliki kuat tekan 200 kg/cm2 pada usia 28 hari.

Beton k 200 termasuk dalam kategori mutu sedang yang cocok digunakan untuk konstruksi bangunan bertingkat rendah hingga menengah, seperti rumah tinggal, ruko, gedung perkantoran, hotel, dan sebagainya. Beton k 200 memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

– Berat jenis: 2.400 kg/m3
– Slump: 12-18 cm
– Waktu pengerasan awal: 3-4 jam
– Waktu pengerasan akhir: 24 jam
– Modulus elastisitas: 21.000 MPa
– Koefisien geser: 0.15

Untuk mendapatkan readymix mutu beton k 200 yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

– Memilih supplier readymix yang berpengalaman dan memiliki sertifikat mutu dari lembaga terkait.
– Menyampaikan spesifikasi teknis proyek dengan jelas dan lengkap kepada supplier readymix, seperti volume, lokasi, waktu pengecoran, dan metode pengecoran.
– Melakukan pemeriksaan terhadap bahan-bahan penyusun readymix sebelum pengiriman, seperti kadar air, kadar semen, gradasi agregat, dan slump.
– Melakukan pengujian terhadap sampel readymix yang dikirim ke lokasi proyek, seperti kuat tekan, kuat lentur, dan modulus elastisitas.
– Melakukan pengecoran dengan cara yang benar dan sesuai dengan standar yang berlaku, seperti mempersiapkan bekisting, memadatkan beton, melindungi beton dari cuaca ekstrem, dan melakukan perawatan beton.

Demikian artikel tentang readymix mutu beton k 200 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih readymix yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *